Rabu, 18 Juli 2012

JANGAN CURI BUDAYA-ku ya kawan !!

waktu tiris-tirisnya sama ide.
ehhh akhirnya ide itu muncul tiba-tiba. dan itu muncul saat gue berada di subang.
kota kelahiran gue ini ternyata punya beberapa kebudayaan yang WOW banget lohh.

subang juga punya tempat wisata yang cukup diminati, selain tempatnya yang masih asri, subang juga identik dengan buah nanas. ya NANAS, yang terkenal dengan nanas madu.

tapi kali ini, gue mau ngebahas tentang kebudayaan Indonesia yang lebih tepatnya berada di subang.
di subang ini ada salah satu keseniaan yang menarik perhatiaan gue banget. dan mudah-mudahan keseniaan ini ga di curi ( jangan dicuri ) atau di akui oleh negara negara lain. karna keseniaan ini sudah paten menjadi kesenaian dari subang.



apa sih keseniannya?
kalo di subang itu namanya SISINGAAN
Sisingaan?
ya' singa.... keseniannya kaya odong-odong gitu! yang berbentuk singa, dan  ini udah menjadi ciri khas dalam setiap acara Hajatan (Sunatan) di subang.


dari gambar, emang keliatan kalo ini odong-odong banget. tapi jangan salah, keseniaan ini ga cuma odong-odong doang. kesenian ini juga mempertontnokam atraksi-atraksinya, yang bikin penonton deg deg-an.



entah kenapa, gue sebagai orang asli subang, ngerasa bangga aja dengan kebudayaan gue sendiri.
FYI nihh ya, gue pernah loh naik Sisingaan, dan itu waktu gue masih SD. rasanya tuh ya Nyyyeessss banget deh, ada rasa takut jatoh, dan seru juga.



nahhhh, gambar yang di atas ini, adalah sebelum atraksi Sisingaan di mulai, jadi sebelum pengantin sunat naik Singa nya. orang yang gotong itu joged joged dulu. gue juga ga tau sih apa tujuan dari joged itu. mungkin, melenturkan badan dulu kali ya sebelum ngangkat pengantin sunatnya :)





nahh gambar di atas ini adalah salah satu atraksi dari Sisingaan itu. gue sih ga pernah nyoba yang kaya beginian. soalnya gue takut cuyyy. ya paling gue cuma ikut pas di Arak kampung nya doang.


postingan gue kali ini. segitu aja kali ya.
gue cuma mau berbagi kebudayaan dari tempat kelahiran gue, yaitu SUBANG
harapan gue sih, keseniaan ini ga di curi lagi oleh negara lain atau di aku-akui atau semacamnya.

ternyata INDONESIA memang kaya akan keanekaragaman budaya ya.
So, kita harus bener-bener ngejaga budaya indonesia nih,

AYYOoooooo kawan... jaga dan lestarikan budaya kita, jangan sampe di ambil negara lain......


"Jangan Curi Budaya Kami ya Kawan"

37 komentar:

  1. Kerenn, ada kakek kakek rambutnya putih gitu :3 #teamsalahfokus

    BalasHapus
  2. owh kamu asli subang toh yu..
    iya gw suka liat kebudayaan itu di tv.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia aku asli subang.
      wah udah terkenal juga ya keseniaannya
      makasih bang kunjungannya

      Hapus
  3. Keren deh, tapi di Sunda ada singa yah? kok pakai boneka singa? ntar klo ke Makassar aku ajak kamu deh lihat pertunjukkan bissu (upacara menusuk diri dengan keris) hehehe. mau gak?

    mampir juga yah ke blog aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihh ko serem bgt sih, nusuk diri sendiri pake keris.

      ya nanti mampir
      makasih ya

      Hapus
  4. ternyata sisingaan itu asli subang? gue baru tahu. tapi gue juga pernah liat di Serang-Banten ada yang habis sunatan di arak pake itu. lucu banget, jadi pengen coba naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih tepatnya itu, kesenian daerah sunda gtu deh
      aku udah pernah coba dong,,,,

      Hapus
  5. wahhhhh

    SUBANG!!

    keren nih, masih menganggap yang mencuri itu sebagai KAWAN!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mhhhhh
      kawan atau lawan ya
      bingung

      Hapus
  6. serem banget singanya #salahfokus.
    Hidup anak Subang, Hidup Budaya Indonesia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sereman muka kaka #ehh *salah
      yooo HIDUP

      Hapus
  7. heheheee pernah lihat nich di TV soal kebudayaan Sisingaan... tepatnya waktu anaknya Charly ST. 12 disunat...

    keren banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang serin ada di tv juga.
      charly kan sunda juga :)

      Hapus
  8. Hehehe... iya bener juga ini Sisingaan lumayan sering diekspos media... Kocak liatnya ada anak kecil naik di atasnya... :D Berasa kayak Kaisar di China di arak keliling kampung... Top deh buat budaya yg satu ini... ^^b

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh iya bener bang, berasa kaisar.
      enak loh bang rasanya, aku pernah dong :)

      Hapus
  9. Katakan tidak untuk curi budaya kita !,,hehe
    fokus ke header'nya #ehh :D

    BalasHapus
  10. wah,aku sering liat gituan ditipi..hehe
    ayo dijaga bersama...jangan sampe di curi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip, ayo kita jaga bersama :)

      Hapus
  11. wah itu kayak mainan yg zaman sekarang terbuat dr plastik itu yah..
    apa itu termasuk replika sisingaan itu. hhiii
    nice posting :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. owhh iya iya.
      odong-odong kali ya sekarang mah

      Hapus
  12. Baru tau sisingaan dari Subang hehe. Itu yang buat ngarak anak yang di khitan keliling kampung kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, itu buat yang ngarak anak khitannan.

      Hapus
  13. kagum nih, tulisan yang mengajak kita untuk bangga dengan kebudayaan kota sendiri..

    salam kenal ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasihh kunjungannya
      salam kenal juga :)

      Hapus
  14. hei salam kenal ya,
    thanks buat komen dan follownya di:
    http://kubukakubaca.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. sampurasunnnnnnnnnnnnn............wach aya urang sunda yeuh. Kasenian sisingaan upami di palihan sunda cilacap namina singa depok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nihh ada orang sunda, heheh
      owhh singa depok ya

      Hapus
  16. Odong2 singa khas Subang..hihih...

    BalasHapus
  17. budaya sisingaan sudah diklaim apa belum ?,

    balik: http://atdyn.blogspot.com/2012/08/Because-its-me.html

    BalasHapus
  18. minal aidzin wal faidzin yah gan :)

    BalasHapus
  19. aku suka banget sama blognya..
    isi blog dan postinganya bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)
    jangan lupa untuk terus menulis menulis yaa..^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  20. Salam kenal ya...

    Kunjungan perdana nih...

    Javas follow blognya ya...

    ditunggu follbacknya.

    Thank you

    www.ajavasisme.com

    BalasHapus
  21. wah kita harus bsabar dengan negara gembel yang hanya bisa copas negara kita saja :)
    hidup mati qu untuk indonesia:)
    tantangan kreatif blogger Simak Tantangan Kreatif Blogger Berhadiah Mingguan & Grandprize Android

    BalasHapus
  22. Subang itu temenya Merauke kan !?

    Salam kenal Ayu..Follow sukses..main ke blogku ea...d tunggu lho followback nya !!

    BalasHapus

makasih atas kunjungan dan komentarnya.
makasih juga udah ga nyampah di sini
di tunggu kunjungan berikutnya :)